Tukang Tonton

Wow .. Iraq juara Piala Asia … ckckc ruar biasa. CONGRAT DEH

Ditengah-tengah perang yang berkecamuk, dengan gaji para pemain yang pas-pasan .(si kiper aja kalau ga salah cuman di gaji kalo di kurs sekitar 560 rebu rupiah, yang bahkan beli tas aja ga sanggup. JP29/07/2007), Negara itu bisa menjadi juara piala Asia .. piala supremasi sepakbola tertinggi di ASIA.

Sekali lagi negara kita hanya bisa jadi Tukang Tonton, dengan alih-alih gaji pemain yang kurang … alih-alih lapangan ga ada … alih-alih wasitlah .. dsb. Akan tetapi tidak ada alih-alih untuk menjadi tukang tonton. Siapapun di negara ini berhak dan jago menjadi tukang tonton dengan kata lain ekpertlah. Kita sangat ahli berteori … seharusnya begini bla bla, … kalau itu lebih tenang harus nya masuk bla bla … dan kadang dengan kasarnya kita mudah bilang “DASAR pemain GUOBLOK !! gitu aja ga masuk” .. aih aih. Yang unik kadang-kadang udah komentar .. aneh pula .. “Entah apa yang di tujuuu .. sehingga bola bergulir ke arah lawan” (contoh komentar aneh … ya yang tau ya pemainnya apa tujuannya kali-kali aja salah oper)

Dan mungkin gelar Tukang Tonton itu telah merasuk dalam urat nadi bangsa ini, siapapun dalam berbagai sektor kehidupan bisa saja jadi Tukang Tonton yang ekspert dan menjelma jadi seorang komentator kawakan. “itu pemerintah bego banget sih, buat kebijakan bla bla” padahal dia ga tau betapa ribetnya pemerintah kalau mau buat kebijakan, … atau ” itu orang harus nya bs tertib antri bla bla,” padahal ketika dia sendiri ngantri maunya maen srudak sruduk ., “harusnya kalau mau bersih kita harus buang sampah pada tempatnya” oalaaah .. ternyata pas jalan kaki dia buang sampah seenak udhel kepalanya. “Pendidikan harus murah” eh disatu sisi minta fasilitas aneh2 ato mungkin yang mahasiswa kagak lulus-lulus saking murahnya .. cape deee

Hmmm … emang deh semoga kita dengan sangat tidak berbangga hati dengan sebutan TUKANG TONTON apalagi menjadi PAHLAWAN KESIANGAN (kalo ini menurut definisi temen-temenku adalah tukang tonton yang koar-koar kalau sesuatu hal sudah berhasil dan ngaku-ngaku itu hasil kerja kerasnya padahal dia itu Tukang Tonton doank.red) yang sekedar hanya bisa teriak-teriak tanpa melakukan ataupun memberikan solusi. Setidaknya kita bisa mencontoh para pesebakbola di Iraq .. denga kondisi negara yang carut-marut, dengan gaji yang pas-pasan dan dengan fasilitas seadanya mereka tidak mengeluh tetapi malah berusaha dengan keras untuk membuktikan dan menghasilkan yang terbaik bagi negaranya

Ide tulisan ini di ambil dan disadur dengan perubahan dari tulisan Leak Koestiya JP 29/07/2007

5 Responses

  1. Jadi tape harus bagaimana?
    Hahaha….
    itulah indonesia…
    indonesia tanah airku…

    owalah!

  2. Halah , sok imut.
    Tape kan udah gede .. wakaka

  3. Salam bozz Qenthank!

    Analisis yg bagus, tapi menurut saya ada kurangnya karena analisis dari contoh yg diambil tidak menyertakan bagaimana sejarah tim sepakbola Iraq sebelum masa perang itu sendiri dan bagaimana prestasinya di liga arab. Lha bangsa Indonesia kan jg punya sejarah panjang yg membuat rakyatnya jg jadi sedemikian, yg besar kemungkinan karena itu pula menyebabkan menjadi spt yg disebut “Tukang Tonton”.

    Kalo “Tukang Tonton”nya saya sependapat, lalu bagaimana solusinya? Karena menonton dan berkomentar sesukanya adalah hal yg paling mudah dilakukan.

    Peace …

  4. Woow .. om abazh .. gimane kabar jepang ? dah lulus ?

    Bener sekali om abazh, nah masalahnya Indoenesia teh kepanjangan sejarah .. sehingga isinya sejarah mulu. Padahal keqnya dulu Indonesia jago loh .. katanya sih wakakak

  5. Jepun apik2 wae, lagi musim panas aja, jadi pada miskin pakaian semua saking kepanasan!

    Nggak nulis ttg “Tukang Kebun” bung, kayaknya itu issue lagi menarik. Tukang Download != Tukan Kebun.

    Sejarah indonesia jg jago berkebun tuh, hahahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: